Pengertian Saham & Obligasi Menurut Para Ahli

Pengertian saham dan obligasi – Salam pinter kawan-kawan semua. Berjumpa lagi bersama saya admin bisapinter. Kali ini saya akan membuat konten yang berhubungan dengan dunia akuntansi dan bisnis.

Seperti yang kita ketahui di era yang mulai modern ini para pembisnis mulai bermunculan. Terkait hal ini saya buat tema  mengenai pengertian sahan dan obligasi dalam akuntansi, bisnis, usaha dan lain lain.

Saya juga baru mengetahui istilah ini mungkin ketika waktu saya SMP. Apa itu saham? Apa itu obligasi? Sepertinya saat dulu saya biasa-biasa saja mendengar hal itu tadi.

Namun ternyata saya sadar, sekarang perlu mengetahui dan mencontoh para pembisnis kelas atas yang bermain dalam dunia saham khususnya.

Buat anda yang baru mendengar kata saham dan obligasi, saya akan tulis pembahasannya sekarang. Selamat membacanya dibawah ini.

Pengertian Saham Preferen

 

bursa efek saham

Pada bagian ini pertama saya jelaskan apa itu pengertian saham preferen? Saham yang mempunyai nilai tambahan hak yang besar bahkan melebihi jenis biasa, itulah preferen.

Saham ini terbagi kedalam dua jenis, antara lain:

  • Nonkumulatif

Saham yang tidak mempunyai hak dividen. Ialah hak yang belum sempat dibayarkan pada saat  tahun lalu secera keseluruhan (kumulatif)

  • Partisipasi

Saham yang mempunyai hak untuk membagikan deviden kepada pihak pemegang. Dia mempunyai hak juga setelah menerima deviden untuk membagi keuntungan yang telah ditetapkan deviden kepada pemegang biasa.

Bila dilihat dari pengertian lainnya, saham preferen ialah surat penting yang dijual suatu perusahaan dengan memperlihatkan noinal baik itu dolat, rupiah, yen dan lain-lain yang bisa mendapatkan pendapatan yang tetap terhadap pengembangnya.

Biasaya bentuk surat deviden ini akan selalu diterima setiap tiga bulan (kartual).

Saham preferen mempunyai jenis jenis saham yaitu Deviden yang mengembang (floating), Callable (callable preferred stock) dan saham yang dapat dikonversikan ke saham biasa (convertible preferen stock).

Saham ini juga memiliki karakteristik yaitu:

  1. Masuk kedalam sebuah konverbilitas atau bisa ditukar jadi saham yang biasa.
  2. Dapata dibayarkan saat periode berjalan bila deviden kumulatif dari periode sebelumnya belum membayar.
  3. Mempunyai prioritas yang tinggi dibandingkan dengan saham biasa. Seperti pembagian deviden dan pendapatan.
  4. Mempunyai tingkatan berkarakteristik yang berbeda dengan saham lain.

Itulah pembahasan pertama dari pengertian saham dan obligasi yaitu preferen. Mari kit abaca bagaimana saham penurut para ahli? Langsung terus saja baca kebawah.

Pengertian Saham Menurut Para Ahli

jenis jenis saham

Berikut ini ada beberpa ahli yang berpendapat mengenai pengertian saham dan obligasi. Apa saja pendapat mereka? Dan siapa saja mereka?

  • Sunariyah

Beliau berpendapat mengenai pengertian saham pada tahun 2006. Pendapatnya adalah bahwa saham ialah nilai pasar atau harga dilingkungan pasar dunia yang sedang berlangsung dalam bursa efek.

Harga pasar akanmenjadi penutupannya bila bursa efek sudah tutup.

  • Tjiptono Darmaji & Hendy M F

Pada tahun 2006 juga beliau berpendapat bahwa saham mempunyai makna sebagai tanda kepemilikan seorang atau kelompok. Bentuknya adalah selembar kertas seperti surat atau sertifikat yang sangat berharga dan memiliki nilai yang tinggi. Saham terbagi bagi kepemilikannya dan tergantung dari seorang atau pembisnis tersebut menanamkan di perusahaan tersebut.

Dari kedua pendapat terssebut kita dapat simpulkan bahwa saham mempunyai efek yang luar biasa dari pasar dunia. Sehingga tak heran pembisnis yang bermain dalam lingkup saham ini adalah orang-orang besar.

Pengertian saham dan obligasi akan mempunyai keterkaitan. Nanti akan saya bahas pada akhir artikel ini. Kita lanjutkan satu persatu terlebih dahulu.

Pengertian Saham Biasa

kerja sama dari obligasi

Selain dari pembahasan dari arti saham preferen, pembahasan dalam pengertian saham dan obligasi ini juga akan kita bahas secara tuntas. Sekarang apa itu saham biasa? Pastinya anda bertanya-tanya seperti apa saham biasa itu.

Saham biasa merupakan bukti yang menjadi kepemilikan berjenis piagam atau sertfikat yang mempunyai fungsi tertentu terhadap perusahaan. Orang yang memiliki hak untuk menerima pendapatan atau kita sebut deviden.

Selain itu juga bertanggung jawab untuk menanggung resiko dari kerugian yang ditimbulkan oleh perusahaan.

Hak dalam mengambil keuntugan dalam mengambil bagian serta mengelola perusahaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku adalah hal seorang pemilik saham.

Pemilik saham terbagi kedalam beerapa jenis antara lain perusahaan, perorangan atau organisasi dan individu.

Saham indiviu adalah saham yang secara keseluruhan dipunyai satu orang saja. Tidak ada badan lain yang terlibat.

Saham organisasi yaitu suatu badan yang mengelola bagian atau seluruh modal yang dikelola pada pasar modal untuk mendapatkan suatu keuntungan.

Secara keseluruhan itulah deskripsi dari saham biasa. Mari kita lanjutkan membaca artikel pengertian sahan dan obligasi ini.

Manfaat Saham

kerja sama obligasi

Seoragn yang telah memiliki saham sudah tentu mengetahui dampak posistif dan manfaat untuk kedepannya. Apa saja manfaat saha itu? Pada sub bab artikel pengertian saham dan obligasi ini akan saya jelaskan manfaatnya.

Beberapa manfaat yang saya jadikan poin disini antara lain :

  • Capitol Gain

Para penanam saham bisnis kelas atas kaan mengetahui manfaat yang disebut capitol gain atau mendapatkan keuntungan atas harga saham yang dijualnya.

Lebih tepatnya mendapatkan margin yang besar dari saham yang dia tanam diperusahaan dengan harga yang baru.

Contoh sederhananya seseorang telah membeli saham perusahaan A dengan harga Rp 3000, kemudian dalam jangka waktu 1 tahun, bursa efek telah merubah harga saham perusahaan tersebut menjadi angka Rp 3500.

Maka orang yang mempunyai saham tersebut telah mendapatkan captol gain dengan harga Rp 500.

  • Deviden

Ialah keuntungan yang diperoleh dengan pembagian keuntungan dari perusahaan. Pembagian tersebut diterima oleh orang – orang yang memegang saham.

Mekanisme umum pada deviden, biasanya pihak direksi pada perusahaan telah menyetujui pembagian yang diusulkan pada rapat.

Jenis Jenis Saham

pengertian obligasi para ahli

Dibagian ini anda akan mengetahui dari pengertian sahan beserta jenisnya. Yang telah kita singgu pada sub bab sebelumnya yaitu mengenai pengertian saham dan manfaat.

Sekarang kita bahas jenis-jenisnya. Apa saja jenis saham itu? Seperti yang kita ketahui sebelumnya saham terbagi kedalam dua jenis secara umum antara lain saham biasa dan preferen.

Saham Preferen

Saham jenis ini pada umumnya mempunyai karakter setengah utang dan setengahnya lagi saham. Jika diklasifiasikan maka saham preferen mempunyai karakter sebagai berikut :

  • Didalam rapat umum para pemegang saham, dia tidak punya hak suara.
  • Bisa diubah kedalam saham biasa
  • Bila perusahaan dilikuidasi, hak klaim lebih dulu dibandingkan saham.
  • Jumlah yang tidak dapat berubah pada pembayatran deviden.

Saham Biasa

Jenis saham ini sangat umum ditemukan di dunia perbisnisan. Banyak sekali orang yang mempergunakan jenis saham ini.

Dalam pengertian saham dan obligasi ini, bentuk saham biasa mempunyai karakteristik :

  • Hak untuk memesan efek terlebih dulu, sebelum ditawarkan kepada masyarakat.
  • Bila perusahaan mendapatkan keuntungan dan disetujui dalam rapat saham.
  • Proporsional pada penentuan hak suara
  • Hak untuk mengklaim bila terjadi dilikuidasi pada perusahaan

Pengertian Obligasi

obligasi menurut para ahli adalah

Surat berharga atau sertifikat mengenai pengakuan terhadap hutang dari penerbit obligasi kepada investor merupakan pengertian dari obligasi.

Dari sudut lain obligasi ialah surat yang sangat berharga, menjelaskan tentang kontrak antara pemegang obligasi dengan pihak perusahaan penerbit. Artinya disini pemegang obligasi telah meminjamkan sejumlah dana kepada pihak perusahaam terkait.

Perusahaan penerbit berkewajiban membayar hutang yang atas pinjaman dana dari pihak pemegang obligasi tersebut.

Biasanya obligasi dilakukan oleh perusahaan swasta yang meminjam dana diluar keuangan perusahaan itu. Bentuk dan istilah dari obligasi yaitu kupon.

Jenis Obligasi

Secara umum obligasi dibedakan kedalam dua jenis yaitu obligasi korprasi dan pemerintah. Dari obligasi pemerintah, terbagi lagi menjadi dua bagian yaitu perintah daerah dan pusat.

Pendapat lain menyatakan bahwa obligasi terbagi kedalam beberapa jenis berikut ini:
a. Obligasi Convertible & Exchangeable
obligasi biasa adalah bentuk dari jenis obligasi ini. Karakteristik dari jenis ini adalah dapat ditukarkan denngan saham biasa dari perusahaan yang menerbitkan obligasi tersebut.

b. Tanpa Kupon
Merupakan obligasi yang tidak sama sekali memberikan bayaran bunga.

c. Obligasi Floating
Mengacu terhadap indeks pasar. Obligasi yang biasanya menyesuaikan harganya secara otomatis dengan kondisi pasar.

d. Suku Bunga Tetap
Obligasi yang memiliki besaran yang tetap, dibayar bertahap kepada investor selama obligasi tersebut masih aktif.

Demikianlah ulasanan yang dapat saya tulis mengenai pengetian saham dan obligasi ini. Semoga dapat bermanfaat buat anda. Sekian dan terimakasih.

 

Leave a Comment

%d bloggers like this: