2
25

Contoh – Contoh & Ulasan Dari Persamaan Dasar Akuntansi (Disertai Perhitungan)

Pengertian persamaan dasar akuntansi adalah suatu hubungan yang menghubungkan antara harta, hutang, dan juga modal yang sudah dimiliki oleh suatu perusahaan. Persamaan dasar ini akan digunakan sebagai landasan atau dasar dari pencatatan sistem akuntansi.

Jadi untuk setiap transaksi akuntansi yang terjadi pada suatu perusahaan harus dicatat dengan meliputi dua aspek. Transaksi yang akan merubah nilai aktiva akan diimbangi oleh perusahaan pada kewajibannya.

Penjelasan & Pengaruh Transaksi Dasar Akuntansi

Image Source: acumatica.com

Persamaan dasar akuntansi yaitu keseimbangan dari dua sisi yang meliputi sisi kiri ( aktiva ) dan sisi kanan ( pasiva ). Untuk perubahan yang timbul akibat transaksi keuangan dan keseimbangannya ini di pertahankan.

Rumus persamaan akuntansi adalah hutang ditambahkan dengan modal dan akan menghasilkan aktiva ( Hutang + Modal = Aktiva ). Setiap perusahaan sudah pasti memiliki posisi dan juga kondisi dari keuangan yang berbeda – beda.

Di dalam ilmu akuntansi hal tersebut sudah sangat umum terjadi, untuk kejadian tersebut di dunia akuntansi biasa disebut dengan Neraca. Neraca ini bisa ditunjukkan dengan menggunakan sebuah formula atau rumus yang sering kita sebut dengan persamaan dasar akuntansi.

Rumus dasar tersebut merupakan salah satu rumus yang digunakan dan memiliki hubungan antara asset ( aktiva ) dengan kewajiban atau hutang ( liability ) dan juga modal ( capital ).

Ternyata terdapat pengaruh transaksi terhadap persamaan dasar akuntansi. Beberapa contoh soal sederhana ini dapat Anda pahami agar lebih memahami mengenai persamaan jenis ini.

Analisis dari pengaruh transaksi ke fungsi persamaan dasar ini terjadi di setiap transaksi. Maka akan mempengaruhi dari posisi keuangan perusahaan.

Contoh Persamaan Dasar Akuntansi

Image Source: nationaltraining.edu.au

Dengan mengetahui metode perhitungan yang bisa anda coba, hal itu akan membuat mudah paham. Karena pada bagian ini anda akan melihat sekaligus mempraktekan perhitungannya.

Terdapat kurang lebih sepuluh contoh dari persamaan akuntansi yang saya akan berikan. Silakan untuk dipelajari, mudah-mudahan dapat berguna.

Langsung saja untuk lebih jelasnya, Anda dapat memerhatikan contoh dari transaksi – transaksi yang terjadi di suatu perusahaan bengkel Jaya Sentosa ini selama bulan oktober 2018. Simak contohnya dan jenisnya berikut pada artikel dibawah ini.

Persamaan Transaksi Ke Satu

Perusahaan di bengkel Jaya Sentosa telah menerima uang tunai dari pemilik sebensar Rp 100.000.000,00 untuk modal usaha.

Analisa Transaksi :
Bagi perusahaan bengkel Jaya Sentosa maka aktiva perusahaannya akan bertambah sebesar Rp 100.000.000,00 dan akan menimbulkan hak pemilik atas aktiva perusahaan tersebut yang sudah berbentuk investasi sebesar Rp 100.000.000,00.

Perubahan tersebut akan terlihat pada persamaan dasar akuntansi untuk laporan. Perlu kalian tahu bahwasannya perhitungan ini banyak disalah gunakan oleh sebagian orang. Entah itu memang kesalahan yang tidak disengaja atau tidak. Sehingga efek buruknya nanti akan mengakibatkan inflasi dan deflasi di Negara ini.

Persamaan Transaksi Ke Dua

Bengkel Jaya Sentosa membeli beberapa peralatan bengkelnya dengan cara kredit di suatu bank dengan jumlahnya yaitu Rp 50.000.000,00.

Analisa Transaksi :
Kredit tersebut menimbulkan penambahan pada aktiva dalam bentuk peralatan bengkel dan juga dapat menimbulkan terjadinya hutang dengan nilai Rp 50.000.000,00. Perubahan tersebut akan terlihat pada persamaan dari dasar akuntansi.

Persamaan Transaksi Ke Tiga

Bengkel Jaya Sentosa membeli perlengkapan – perlengkapan kecil yang digunakan untuk keperluan bengkel seperti mur, buat, dan lain – lain dengan nilai uang Rp 5.000.000,00 dan dibayarkan dengan tunai.

Persamaan Dasar Akuntansi Untuk Transaksi Ke Empat

Selanjutnya untuk hasil pekerjaan yang telah dilakukan oleh para karyawan bengkel Jaya Sentosa akan menerima pembayaran gaji sebesar Rp 10.000.000,00

Analisa Transaksi :
Transaksi ini akan memberikan aktiva kas bertambah sebesar Rp 10.000.000,00 dan dengan pertambahan penghasilan tersebut maka modal dari bengkel ini juga bertambah sebesar Rp 10.000.000,00. Perubahan tersebut akan terlihat pada persamaan dasar yang biasanya degan bentuk tabel.

Persamaan Transaksi Ke Lima

Bengkel memberikan sebuah pekerjaan yang sudah selesai dilakukan dengan harga Rp 1.000.000,00 dan baru menerima bayaran sebesar Rp 500.000,00 dan kekurangannya akan dibayarkan di kemudian hari.

Analisa Transaksi :
Pada transaksi ke lima ini akan menyebabkan kas bertambah sebesar Rp 500.000,00 dan juga akan menyebabkan tagihan sebesar Rp 500.000,00. Sehingga bengkel tersebut akan menambahkan penghasilan dan menyebabkan ekuitas bertambah. Perubahan tersebut akan terlihat pada pengertian dan persamaan dasar akuntansi.

Perhitungan ini juga erat kaitannya dengan sebuah reksadana. Hampir disemua jenis reksadana yang ada, perhitungan semacam ini musti diperhatikan.

Transaksi Ke Enam

Bengkel akan melakukan pembayaran wajib kepada gaji karyawan sebesar Rp 3.000.000,00 dan juga pembayaran sewa sebesar Rp 1.000.000,00

Analisa Transaksi :
Pada transaksi ini akan mengurangi kas sebesar Rp 4.000.000,00 dan beban juga akan berkurang sehingga modal menjadi lebih berkurang. Perubahan tersebut akan terlihat pada persamaan dasar akuntansi

Persamaan Transaksi Ke Tujuh

Bengkel akan memberikan sebuah cek yang nilainya Rp 25.000.000,00 untuk membayar hutang atas peralatan dan baru akan dibayarkan sebagian.

Analisa Transaksi :
Pada transaksi ini dapat menyebabkan kas berkurang dan hutang juga akan berkurang sebesar Rp 25.000.000,00. Perubahan tersebut akan terlihat pada persamaan dasar akuntansi.

Hal ini juga besar keterkaitannya dengna sebuah masalah dalam ruang lingkup Perusahaan besar. Selain itu juga Perusahaan harus mengetahui pengertian manajemen agar terhindar dari sebuah konflik.

Transaksi Ke Delapan

Pada akhir bulan oktober 2018 akan diadakan pemeriksaan dan juga perhitungan untuk sisa – sisa dari perlengkapan yang ada pada bengkel. Terdapat sisa perlengkapan bengkel sebesar Rp 2.000.000,00.

Analisa Transaksi :
Saldo dari perlengkapan untuk persamaan dasar akuntansi dari data di atas sebesar Rp 5.000.000,00 – Rp. 2.000.000,00 = Rp 3.000.000,00. Perubahan tersebut akan terlihat pada persamaan dasar akuntansi

Persamaan Transaksi Ke Sembilan

Pemilik dari bengkel mengambil dana kas yang sudah masuk dibengkelnya untuk keperluan pribadinya sebesar Rp 5.000.000,00

Analisa Transaksi :
Pada pengambilan aktiva perusahaan yang digunakan untuk keperluan pribadi dari pemilik ini dapat disebut dengan prive pemilik ( drawing ). Pengaruh ini akan mengurangi kas yang ada pada aktiva dan juga modal sebesar Rp 5.000.000,00. Perubahan tersebut akan terlihat pada persamaan fungsi dasar akuntansi

Kesimpulan

Image Source: s3.amazonaws.com

Dari contoh di atas dapat digunakan pada dagang yang menghasilkan keuntungan. Dengan melakukan konsep persamaan dasar akuntansi ini maka Anda akan menjadi lebih terstruktur dalam melakukan bisnis. Maka dari itu, Anda perlu melakukan pemahaman mengenai persamaan dari dasar akuntansi untuk memajukan bisnis yang sedang Anda jalankan.

Persamaan dasar akuntasi adalah suatu hubungan antara harta, hutang, dan modal di suatu persuahaan. Untuk unsur – unsur dari Persamaan dasar akuntansi antara lain adalah:

  • Asset ( aktiva )
  • Hhutang ( kewajiban )
  • Ekuitas ( modal )
  • Pendapatan ( revenue )
  • Beban ( expenses )
  • Prive ( drawing )

Lalu bentuk dari persamaan dasar mengenai akuntansi ada keseimbangan antara harta dan modal yang memiliki rumus Harta = Modal.

Lalu bentuk yang kedua ada hutang ditambah dengan modal sama dengan harta ( harta = hutang + modal ). Rumus tersebut dicatat di dalam komponen modal yang berhubungan dengan pengaruh dari keadaan modal di dalam persamaan dasar dari akuntansi tersebut.

Demikianlah ulasan artikel saya yang mengulas tentang persamaan dasar akuntansi ini bisa disampaikan. Semoga dapat bermanfaat buat anda semua. Sekian, salam pinter.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

%d bloggers like this: