Simak Perbedaan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

 Simak Perbedaan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.  Toyota Raize dan Daihatsu Rocky akan diluncurkan ke publik pada hari ini, sekitar 30 April 2021. Kabarnya kedua produk ini akan dijual sekitar Rs 200 crore, meski hanya mengusung 1.000 cc dan 1.200 cc.

Sebagai klarifikasi, sebagian besar mobil yang beroperasi di kategori harga 200 juta rupiah ini dibekali mesin 1.500 cc. Lantas apakah Toyota Rise dan Daihatsu Rocky mahal? Dilihat dari informasi di situs resmi Auto2000, mesin turbo menjadi senjata ampuh duet maut produk Daihatsu-Toyota ini.

Simak Perbedaan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky
Sumber : Wikimedia Commons

Teknologi turbo akan meningkatkan efisiensi bahan bakar, sekaligus menyeimbangkan performa dengan kapasitas mesin yang lebih besar. Di kancah internasional, ini dikenal sebagai mesin perampingan.

Ide turbocharger mini adalah kubus kecil, tetapi memiliki perangkat induksi paksa dalam bentuk turbocharger.

Dengan induksi turbo, tambahan tenaga seketika akan dihasilkan dan jika dihitung akan setara dengan mesin berkapasitas lebih besar.

Sebagai contoh mesin turbo 1.200 cc di Mobil A sama dengan Mobil B 1.500 cc tapi tanpa turbo. Dengan fitur turbocharger rancangan pabrikan, tenaga maksimum yang bisa dicapai bisa setara dengan mobil bermesin 1.500 cc,” tulis Auto2000.

Selain tenaga yang sama, mesin turbo kecil juga diharapkan memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih irit dibandingkan mobil dengan tingkat tenaga yang sama.

Namun, masalah konsumsi bahan bakar tergantung pada gaya mengemudi pengemudi. Dalam pemberitaan sebelumnya, Raize dikabarkan akan tersedia dalam tiga varian, yakni Turbo G 1200 cc, Turbo G 1.000 cc, dan Turbo GR 1.000 cc.

Setiap varian dilengkapi dengan transmisi otomatis dan manual. Di atas kertas, Raize berukuran panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, tinggi 1.635 mm, dan tinggi 200 mm dari permukaan tanah. Untuk Perbandingan berada di antara Toyota Rush dan Suzuki Ignis. Toyota mengklaim Raize 1.2 G mampu menghasilkan 87 tenaga kuda pada putaran mesin 6000 rpm.

Pada varian 1.0T G dan 1.0 T GR, Raize menghasilkan 98 tenaga kuda pada 6000 rpm. Tenaga ini terbilang setara dengan Avanza. Sementara itu, Daihatsu Rocky juga tercatat mengusung teknologi turbocharged.

Secara fungsional dan mekanis, komponen turbocharger pada kendaraan Daihatsu mengadaptasi metode induksi pada mesin mobil dengan menggunakan gas buang dari mesin untuk menghasilkan udara dalam jumlah besar di dalam silinder untuk pembakaran.

Karena turbocharger ini menggunakan aliran udara pembakaran di knalpot sebagai sumber tenaga, mobil Daihatsu juga dipastikan ramah lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *