85

9 Cara Mudah Ternak Perkutut Yang Benar Di Rumahan Bagi Pemula (Lengkap)

Burung perkutut memiliki suara yang tidak jauh berbeda dengan burung berduku dan burung puter. Burung ini dicintai oleh para pecinta burung karena suaranya yang unik dan berebeda dari yang lain. Tidak heran banyak orang – orang yang ingin mengetahui bagaiaman cara ternak perkutut yang baik.

Selain sebagai burung yang selalu di konteskan atau dilombakan, nilai plus lain dari burung ini adalah mempunyai nilai ekonomi yang tinggi.

Sekilas Umum Burung Perkutut

sekilas tentang perkutut

Source: fotoburungkicau.com

Perkutut biasanya hidup secara koloni. Untuk ternak perkutut koloni tidaklah sulit, karena burung ini merupakan jenis burung yang memakan biji – bijian saja.

Walaupun demikian, burung ini dapat memakan serangga di habitat aslinya. Perkutut lokal atau biasa terkenal dengan perkutut jawa memiliki ciri – ciri yang mudah dikenali di kalangan para pecinta burung. Untuk ternak perkutut juga mudah, Anda hanya perlu meluangkan beberapa waktu dalam sehari untuk memberikan perhatian.

Warna dari perkutut ada yang berwarna hitam dan putih. Perkutut local dan Bangkok memiliki sedikit perbedaan diantara keduanya. Tentu perbedaan yang dapat dilihat adalah mengenai ukuran, sudah pasti ukuran dari perkutut

Bangkok lebih besar dari pada perkutut lokal. Lalu dari segi suara, perkutut Bangkok lebih memiliki suara yang besar, tebal, dan ngebass dengan irama dan juga ketukan yang jelas serta harmonis. Suara ujung dari perkutut bangkok juga panjang dan merdu.

Tarikan suara depan dari perkutut Bangkok ini lebih panjang dan jernih. Lalu bagaimana cara ternak perkutut. Apakah ada perbedaan antara ternak perkutut hitam dan perkutut putih, simak selengkapnya pada artikel ini.

Mempersiapkan Kandang

kandang perkutut

Source: Jualo.com

Untuk ternak perkutut yang pertama adalah Anda harus mempersiapkan kandangnya terlebih dahulu.

Persiapkan kandang ternak perkutut sederhana yang tidak terlalu sempit mengenai lahan. Sangkar ini biasanya terbuat dari kayu, bambu, dan kawat.

Dinding – dinding dari kandang ini dapat terbuat dari kawat yang kuat dengan ukuran kandang yang ideal yaitu ukuran 50 x 100 cm atau dapat lebih dan kurang.

Melakukan Pemelihan Indukan

indukan perkutut

Source: jualo.com

Cara ternak perkutut yang kedua yaitu dengan cara membesarkan bayi dari burung perkutut. Membesarkan bayi perkutut tidak semudah yang dipikirkan.

Mereka perlu untuk makan dalam setiap beberapa jam sekali oleh ibu angkat yang berpengalaman. Anda dapat melakukan perawatan ini secara benar agar ketika bayi tersebut menjadi dewasa, ia akan tumbuh menjadi apa yang diharapkan.

Mengontrol Jumlah Makanan

makanan burung perkutut

Source: kicaumania.net

Jumlah makan untuk seekor bayi kecil perkutut adalah mereka harus makan sebanyak 10 persen dari pada berat tubuhnya per makan.

Jadi jika burung tersebut memiliki berat 500 gram, maka ia membutuhkan 50 ml susu formula setiap kali ia makan. Untuk makanan dan minumnya sendiri biasanya di gantung.

Mengetahui Jenis Makanan Apa Yang Dibutuhkan

makanan perkutut berkualaitas

Source: masteranburunguntuklomba.blogspot.com

Untuk jenis makanan, sebagian besar dari bayi burung perkutut berkembang dengan baik pada formula dari perbanyakan pakan komersial yang dibuat khusus untuk jenis burung perkutut.

Makanan lengkap tersebut nyaman karena mudah untuk disiapkan. Anda juga dapat menambahkan formula obat jika dirasa membuatuhkan.

Perlu diketahui bahwa dengan formula yang sedikit maka tidak akan menempati nutrisi yang tepat, begitu juga dengan formula yang terlalu kental dapat menjadi bola keras yang tidak dapat dicerna dengan tepat.

Mengetahui Suhu Makanan

Anda perlu memerhatikan suhu makanan dengan benar. Biasanya formula harus diberi makan pada kisaran suhu 40 hingga 41 derajat celcius.

Jangan berikan makanan yang terlalu dingin kepada burung tersebut karena ia tidak memakan makanan yang terlalu dingin serta jangan berikan makanan yang terlalu panas karena akan menyebabkan luka bakar yang dialami.

Mengetahui Cara Memberi Makanan

Sebagai pemilik burung, bukan tidak mungkin bahwa Anda akan terlibat dalam pemberian makan pada burung.  Seperti memberikan obat birahi perkutut atau makanan sederhana lainnya.

Anda harus mengerti sendok apa yang digunakan untuk menyuapinya, jarum suntik ditusukkan dibagian mana burung, dan lain – lain.

Mengetahui Tips Memberi Makan Bayi Burung

anakan perkutut

Source: burungkicau.net

Berikut adalah poin yang sangat penting pada tahap pemberian pakan :

  • Tawarkan makanan kepada burung yang seperti spons teksturnya.
  • Makanan harus ditawarkan dengan suhu yang tepat untuk burung.
  • Juhkan potongan – potongan dari makanan kecil agar sesuai dengan ukuran burung.
  • Pada saat memberi makan burung jangan buat stress burung tersebut atau cedera yang mungkin akan dialami.

Burung yang biasa digunakan untuk burung hias di depan rumah ini perlu dipelihara dengan baik agar ketika besar, ia bisa memberikan ketenangan akan kicauan suaranya yang merdu.

Melakukan Perawatan Harian

perawatan burung perkutut

Source: youtube

Perawatan harian ini termasuk ke dalam memandikan burung setiap pagi atau sore hari, hal ini dilakukan untuk menjaga burung agar tetap sehat dan dapat dipersiapkan untuk lomba.

Lakukan penyempotan ketika mandi dengan air semprotan yang tidak terlalu kencang. Setelah mandi maka burung dapat dijemur selama kurang lebih 30 hingga 90 menit dengan udara yang sepoi – sepoi dan tidak terlalu panas.

Biarkan burung di dalam kandang yang besar seperti yang biasa terbuat dari alumunium ketika proses penjemuran dan jika sudah selesai dapat dipindahkan kembali ke kandang yang biasa. Lalu terakhir, beri pakan yang cukup dan dapat juga dilatih dengan melakukan pemasteran.

Membersihkan Kandang Dan Juga Penyakit

penyakit perkutut

Source: kehati.jogjaprov.go.id

Kebersihan kandang merupakan hal yang patut Anda perhatikan sebagai pemilik burung agar terhindar dari penyakit yang mungkin terjadi.

Kandang minimalis dapat dibersihkan mulai dari daerah tempat minum dan tempat makan dari sisa makanan dan juga kotoran. Lakukan pembersihan secara rutin dengan menyeluruh pada kandang dan kembali kandang tersebut sebelum digunakan lagi.

Bersihkan kandang minimal satu minggu sekali untuk menjaga perkutut dari penyakit. Anda juga dapat melakukan pengecekan penyakit secara dini kepada perkutut untuk mengetahui burung tersebut sudah terkena penyakit atau belum. Perhatikan juga tingkah laku mereka mungkin saja sedang stres

Baca Juga:  Menbedakan Ciri Jalak Suren Jantan Dan Betina Yang Mudah

Melakukan Manajemen Kandang

berihkan kandang burung

Source: udikhangeblog.wordpress.com

Proses pembuatan kandang perkutut tidaklah sulit dan tidak mudah. Anda dapat selalu memantau burung perkutut mengenai kapan dia bertelur dan kapan dia menetas.

Perkutut akan mengerami telurnya selama 14 hari dan Anda sebagai pecinta burung yang super baik dapat mencatat dan menaruhnya di sekitar kandang agar selalu mengingat catatan tersebut.

Dengan melakukan pemantauan tersebut, Anda akan lebih memerhatikan mengenai budidaya perkutut agar dapat menjadi lestari untuk burung tersebut.

Anda juga dapat melakukan kegiatan jual beli dari hasil tersebut untuk menghasilkan pundi – pundi rupiah karena harganya yang tidak murah.

Banyak tersebar di masyarakat mengenai mitos dari perkutut itu sendiri. Artikel ini tidak akan membahas mitos tersebut, kami serahkan kembali kepada Anda para ternak perkutut ingin memercayainya atau tidak.

Untuk pecinta ternak perkutut putih maupun hitam pasti tidak akan memikirkan hal tersebut dan akan tetap fokus kepada bagaimana cara ternak perkutut yang baik dan benar. Baik untuk hobi semata atau dilakukan karena keperluan bisnis yang dapat menghasilkan uang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply