Tips Kurus Dengan Cara Sehat

Tips Kurus Dengan Cara Sehat. Semua orang mendambakan tubuh atau berat badan yang ideal adalah suatu impian. Banyak orang rela mengikuti diet ketat dan mengonsumsi obat diet mahal untuk mendapatkannya.

Meskipun ada cara yang lebih murah untuk mempunyai tubuh ideal. Yaps, berolahragalah secara teratur serta dengan konsumsi makanan rendah kalori.

Berikut adalah sejumlah tips untuk mengelola tubuh Anda untuk mencapai berat badan ideal Anda.

Tips Kurus Dengan Cara Sehat
Sumber : Pxhere
  1. Pengukuran Indeks Massa Tubuh (BMI)

Sebelum memulai gaya hidup sehat sebagai cara menurunkan berat badan, Anda harus terlebih dahulu menghitung BMI Anda. BMI digunakan untuk menentukan apakah Anda kekurangan berat badan, kelebihan berat badan atau berat badan ideal Anda.

Dengan cara ini, Anda akan tahu berapa banyak berat badan yang harus Anda turunkan untuk mencapai berat badan ideal Anda. Misalnya, orang yang termasuk dalam kisaran obesitas perlu kehilangan 5-10% dari berat awal mereka.

Setelah mengetahui BMI Anda, Anda kemudian dapat merancang diet dan rencana aktivitas yang tepat untuk menurunkan berat badan.

  1. Jangan lewatkan sarapan

Satu diantaranya tips yang paling penting untuk menurunkan berat badan adalah dengan tidak melewatkan sarapan. Menu sarapan yang bergizi seimbang akan memberikan energi yang dibutuhkan tubuh sepanjang hari.

Akibat tidak sarapan, Anda bisa memulai hari dengan kartu kosong. Alhasil, keinginan ngemil di siang atau malam hari juga meningkat. Pasalnya, tubuh akan mengira Anda kelaparan, sehingga porsi makan juga bisa bertambah.

Usahakan selalu menyiapkan sarapan pagi yang mengandung nilai gizi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein dan karbohidrat, seperti:

  • sebuah telur,
  • Roti bakar selai kacang, atau
  • Yoghurt Original, tanpa pemanis
  1. Makan dalam porsi kecil

Sebagaian orang dalam proses menurunkan berat badan makan tiga kali sehari dengan dua atau tiga Cemilan. Yang lain makan lima atau enam kali atau makan setiap tiga sampai empat jam.

Cara-cara di atas sebenarnya sah-sah saja karena sama-sama menjaga keseimbangan metabolisme dalam tubuh. Selain itu, tips menjaga pola makan yang sehat ini juga membantu dalam mengontrol kadar gula darah.

Dengan Pola Makan seimbang akan membantu tubuh berfungsi dengan baik dan mencegah penambahan berat badan. Anda pasti tidak ingin gula darah Anda tiba-tiba naik atau turun.

Kadar glukosa yang tidak teratur dapat menyebabkan tingkat energi tidak stabil, sehingga fungsi tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik. Anda mungkin juga bisa melakukan puasa intermiten atau puasa intermiten untuk menurunkan berat badan.

  1. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayuran bersama dengan diet seimbang adalah cara yang aman untuk menurunkan berat badan. Selain itu, pola makan yang kaya buah dan sayur mengurangi risiko penyakit kronis karena sama-sama mengandung nutrisi bagi tubuh.

Namun, ini tidak berarti bahwa Anda harus makan lebih sedikit. Kamu bisa diet dengan konsumsi makanan rendah kalori makanan favorit Anda dengan mengganti buah dan sayuran.

Dengan Mengkonsumsi Buah dan sayuran yang banyak mengandung air dan serat yang akan menambah volume menu Anda. Dengan Tips ini, kamu bisa merasa kenyang dengan mengonsumsi lebih sedikit kalori.

Ada banyak tips yang bisa Anda lakukan untuk memasukkan buah dan sayuran ke dalam menu diet Anda, mulai dari sarapan hingga camilan.

  1. Berolahraga secara teratur

Pola makan yang sehat tidak akan efektif menurunkan berat badan jika tidak dibarengi dengan aktivitas fisik. Jika Anda merasa sulit untuk mengikuti aktivitas fisik yang intens, cobalah berolahraga untuk membantu Anda menurunkan berat badan.

Jika pemaksaan dilakukan, aktivitas fisik yang berat justru memberikan tekanan pada tubuh dan membuat kadar gula darah berfluktuasi.

Selain itu, di anjurkan dengan berolahraga ringan secara teratur akan meningkatkan dan mempercepat metabolisme dalam tubuh.

Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan 14 Juli 2021

  1. Perbanyak minum air putih

Tubuh manusia biasanya terdiri dari 60% air. Ini berarti bahwa air memainkan peran penting dalam hampir setiap fungsi tubuh. Untuk alasan ini, tubuh yang terhidrasi dengan baik bekerja dengan baik, mulai dari refleksi hingga pembakaran lemak tubuh.

Konsumsi air putih sangat di anjurkan dan Bukan rahasia lagi kalau minum air putih bisa membantu kamu menurunkan berat badan dengan berbagai cara, di antaranya:

  • mengurangi nafsu makan,
  • meningkatkan metabolisme,
  • memperlancar gerakan tubuh,
  • Membantu mengurangi asupan kalori cair,
  • Meningkatkan motivasi
  • Mengurangi stres.

Meskipun ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi berat badan Anda, minum cukup air adalah langkah awal yang baik untuk menurunkan berat badan.

  1. Makan lebih banyak serat

Makanan yang mengandung serat berperan penting dalam program penurunan berat badan, mengapa demikian?

Soalnya, makanan kaya serat membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Salah satu jenis serat, serat larut, dapat membentuk gel jika kontak dengan air.

Gel serat ini akan meningkatkan waktu penyerapan nutrisi dan memperlambat proses pencernaan. Dengan cara ini, perut tidak cepat kosong, sehingga Anda merasa kenyang lebih lama.

Ada banyak sumber serat larut yang bisa Anda temukan, di antaranya:

  • biji-bijian gandum utuh,
  • Sayuran,
  • buah,
  • kacang, dan
  • Biji rami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *