3
6236

10+ Cara Membuat Umpan Ikan Bawal Mudah

Ikan bawal sering menjadi idaman dikalangan para pemancing. Karena tarikan dan sensasi ketika strike yang dirasakan pemancing ini sangat kuat. Berbicara mengenai memancing ikan ini, tentunya tidak akan terlepas dari yang namanya resep umpan ikan bawal itu sendiri.

Dalam artikel ini, saya akan kupas beberapa rahasia resep untuk memancing ikan bawal disegala kondisi. Silahkan simak baik-baik

Pengenalan Ikan Bawal

pengenalan ikan bawal

Ikan bawal adalah jenis hewan yang sifatnya sangat rakus. Entah kenapa, tapi hal ini sudah banyak terbukti dari beberapa orang pembudidaya. Jika diberikan pakan yang berbeda, ikan bawal teteap lahap dalam memakannya.

Sifatnya makan yang tergolong omnivora, sehingga ikan bawal dapat memakan jenis tumbuhan atau daging. Namun jika terus diteliti, ikan ini lebih cenderung suka daging atau karnivora.

Perlu kamu ketahui, ukuran tubuh ikan bawal dapat mencapai ukuran yang besar yaitu antara 3-5 kg per ekornya. Tidak jarang orang banyak membudidayakan ikan ini atau pun berburu dialam dengan memancing.

Berbicara tentang memancing, ikan bawal juga banyak digemari oleh para pemancing dari segi kekuatan tarikannya. Sensasi yang dirasakan ketika strike ikan bawal adalah hal yang paling diburu.

Bagi para pemancing sebaiknya perhatikan terlebih dahulu mata pancing dan ukuran nilon untuk ikan bawal ini. Karena perlu anda ketahui, ikan bawal memiliki gigi yang tajam dan kekuatannya yang besar.

Tidak sedikit para pemancing yang loss ketika sedang menarik srike karena salah memilih nilon dan kail. Maka dari itu sebelum masuk kedalam bahasan membuat umpan ikan bawal, sebaiknya perhatikan hal-hal tadi.

Umpan Ikan Bawal Alami

umpan bawal alami

seperti yang kita tahu bahwa bawal adalah salah satu jenis ikan yang rakus. Artinya apa? Ikan nila dapat memakan segala jenis makanan. Bisa terbilang ikan bawa adalah omnivora yaitu pemakan daging dan tumbuhan.

Banyak sekali contoh yang bisa kita lihat sendiri di sekitaran kolam yang berbudidaya ikan bawal. Makanan yang diberikannya beragam mulai dari dedaunan, pelet sampai sisa-sisa makanan manusia.

Ikan bawal masih menjadi idaman para pemancing di Indonesia khususnya. Ikan rakus ini lebih nikmat dipancing, karena ukuran tubuhnya yang bisa sampai mencapai 3-5 kilo gram. Tentunya dalam menacing ikan bawal tidak sembarangan umpan yang dibuat.

Berikut ini saya bagikan bagaimana cara membuat umpan ikan bawal alami yang bagus dan terbaik.

Umpan Ati Ayam

Mungkin sebagian para pemancing masih awam mendengar rahasia resep yang satu ini, namun ternyata ahal ini justru terbilang ampuh. Anda cukup membeli ati ayam di pasar atua pedagang sayur. Kemudian bersihkan dan goring jangan sampai terlalu kering. Lalu potong-potong sesuai ukuran mata pancing anda. Kemudian umpan siap untuk diberikan.

Umpan Ulat Hongkong

umpan bawal ulat

Para pemancing sering menggunakan ulat ini untuk manaklukan ikan bawal. Sudah banyak tempat jual umpan pemancingan yang ada di sekitar lingkungan anda yang menjal ulat hongkong ini. Atau anda bisa menemukannya di toko pertanian. Ulat ini dapat dijadikan sebagai umpan alami ikan bawal yang bagus. Apalagi jika dipadukan dengan ulat jerman yang dijadikan sebagai bahan untuk bom (mengumpulkan ikan).

Umpan Belut

Hewan yang mempunyai protein tinggi ini masih terbilang cukup ampuh dalam memancing ikan bawal yang berukuran besar. Cukup dengan memotong-motong kecil bagian belut, lalu meletakannya pada kail pancing.

Belalang

Hewan yang satu ini bisa anda temukan di area perkebunan. Manfaatnya juga ternyata bisa dijadikan umpan ikan bawal yang alami. Karena tidak perlu menguras isi dompet anda. Cukup megaitkannya dengan posisi ekor yang terlebih dahulu.

Kepiting Sungai / Yuyu

umpan bawal kepiting

Sebagian orang mungkin tidak mengira bahwa kepiting sungai ini dapat berguna untuk dijadikan sebagai umpan ikan bawal. Ternyata umpan ini dapat diolah menjadi resep yang jitu dan andalan para pemancing ikan bawal.

Pengolahannya cukup mudah, yaitu dengan merebus terlebih dahulu kemudian copot daging dari cangkangnya. Dan umpan siap untuk digunakan.

Cacing

Hewan ini masih menjadi primadona para pemancing. Tidak hanya ikan nila, mas, lele atau yang lainya. Cacing juga sangat disukai oleh ikan bawal. Untuk menghemat pengeluaran mincing anda, cacing bisa dicari sendiri diarea tanah yang subur dan lembab.

Bekicot atau keong

Kedua hewan satu keluarga ini dapat dijadikan umpan jitu ikan bawal. Anda bisa menemukan keong ataupun bekicot disekitaran rumah, sawah atau kolam. Biasanya hewan ini muncul jika setelah datangnya hujan.

Ulat daun pisang

Hampir sama dengan yang dibahas sebelumnya mengenai umpan ikan mas, nila dan lele. Ulat pisang ini masih bisa dijadikan resep andalan yang alami untuk memancing ikan bawal. Baik itu di kolam, sungai, waduk atau yang lainnya.

Orong-orong

Tidak banyak orang mengetahui tentang orong-orong. Bahkan mungkin tidak tahu wujud dari hewan ini. Dahulu orong-orong bisa banyak dijumpai di area perkebunan atau pesawahan. Hewan yang menyerupai cicak ini bisa dijadikan umpan untuk ikan bawal yang alami.

Demikian uraian saya mengenai umpan ikan bawal alami yang bisa saya berikan. Semoga bermanfaat.

Umpan Ikan Bawal Siang Hari

ikan bawal siang

Source: riovinh.wordpress.com

Pada bagian ini saya akan membagikan sebuah resep untuk umpan ikan bawal yang cocok di siang hari. Seperti yang kita ketahui sebelumnya, bahwa ikan bawal termasuk kedalam jenis ikan yang omnivora. Ikan yang rakus ini biasanya membuat kesal pemancing karena giginya yang tajam. Sehingga membuat tali pada kail putus dan susah untuk didaptkan.

Berikut ini adalah solusinya dengna menggunakan mata pancing yang agak panjang bagian logamnya atau menggunakan nilon yang tebal. Selain itu juga gunakan racikan umpan ikan bawal dibawah ini.

Siapkan bahan-bahan dibawah ini :

  • 1 potong tahu ukuran sedang
  • 1 butir telur bebek
  • 1 sachet kara
  • Essen Jawara 
  • 2 sachet susus bubuk dancow

Minat? Klik Pada Gambar 🙂

Cara membuatnya sebagai berikut :

  1. Masukan bahan diatas kedalam wadah kecuali Essennya jangan dimasukan dulu.
  2. Aduk sampai merata dan berbusa
  3. Teteskan Essen 3 sampai 5 tetes
  4. Potong tahu tadi kedalam ukuran sedang
  5. Rendamlah potongan tahu tersebut kedalam adonan
  6. Diamkan hingga beberapa menit
  7. Umpan sudah bisa digunakan

Gunakan umpan tersebut pada saat akan memancing ikan bawal. Jika tersisa, anda bisa menyimpannya dalam kulkas untuk digunakan dihari berikutnya.

Umpan Ikan Bawal Malam Hari

umpan bawal malam hari

Source: mancingmania.we.id

Bagi pemancing ikan, waktu apapun akan ditempuhnya baik siang atau malam. Setelah saya jelaskan sebelumnya terkait umpan ikan bawal pada malam hari, sekarang saya akan melanjutkannya pada kondisi malam.

Sebelum memmasuki resepnya, sebaiknya pilih joran yang berwarna agak mencolok, kemudian jagan lupa pelampung startlight dan tentunya mata kail yang pas untuk ikan bawal.

Setelah semuanya siap, segera buat umpan ikan bawal untuk malam hari ini. Berikut ulasannya :

Umpan Daging Ayam

Racikan daging ayam ini akan memikat ikan bawal untuk memakannya. Sebaiknya tambahkan sedikit Royko secukupnya dan 1 butir telur bebek.

Kukus daging ayam yang telah dipilih. Kemudian cacahlah daging ayam itu dan masukan kedalam wadah. Campur dengan satu buitr kuning telur bebek  dan  1 sachet Royco yang beraroma sapi. Kemudian aduk sampai rata.

Diamkan selama beberapa menit untuk digunakan umpan pancing.

Umpan Udang

Bau yang kuat dari udang ini, akan berguna untuk dibuat umpan ikan bawal dimalam hari. Meracik udang untuk resep ini sebaiknya dicampurkan dengan pelet pengli. Itu akan membuat baunya sangat tajam dan disukai oleh ikan bawal. Mungkin tidak hanya bawal, ikan lain juga bisa terpikat.

Umpan Jangkrik

Anda cukup membeli di toko pancing atau pertanian, biasa terdapat stok jangkrik untuk dijual. Jangkri bisa digunakan sebagai umpan bawal pada malam hari. Dilihat dari kekuatan daya tahan jangkrik sehingga jika di kaitkan dengan kail, hewan ini masih bisa bergerak-gerak dan memancing ikan bawal untuk menyantapnya.

Umpan Bancet

umpan bawal bancet

Bancet atau katak sawah ini juga bisa digunakan sebagai umpan alternative  ikan bawal pada kondisi malam hari. Kerakusan ikan bawal dan nafsu makan yang kuat akan membuat ikan ini lahap menyantap bancet. Anda bisa menemukan di sekitaran sawah yang sudah di traktor atau baru ditumbuhi padi.

Umpan Cacing Tanah

Gunakan cacing tanah yang berukuran besar dan panjang untuk dijadikan umpan ikan bawal. Hewan yang satu ini sudah banyak digunakan dalam memancing ikan bawal khususnya dalam kondisi malam hari. Tidak jarang, para pemancing melakukan strike yang frekuensinya tinggi. Jenis cacingnya biasanya cacing kalung.

Demikianlah uraian singkat dari saya mengenai umpan ikan bawal. Semoga dapat bermanfaat buat anda dan dijadikan sebagai referensi dalam memancing. Sekian dan terimakasih.

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

%d bloggers like this: