3
10198

9+ Resep Umpan Ikan Lele Galatama, Mudah Dan Murah

Berbicara mengenai mengenai memancing ikan, disini saya akan melanjutkan membahas tentang bagaimana cara membuat resep umpan yang bagus. Setelah dua artikel sebelumnya mengupas resep umpan ikan mas dan nila, sekarang saya akan melanjutkan memberikan resep umpan ikan lele.

Tidak hanya dibudidayakan saja, ikan jenis ini juga sering dijadikan perlombaan dalam memancing. Contohnya seperti lomba di hari kemerdekaan atau tahun baru. Maka dari itu bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana cara meracik umpan yang jitu untuk lele, simak baik-baik artikel ini.

PENGENALAN IKAN LELE

pengenalan ikan lele

Kegemaran memancing tidak akan pernah ada habisnya. Hobi yang satu ini banyak dilakukan orang-orang dalam mencari rekreasi dan tantangan. Memancing ikan dapat membut sensasi yang seru pada setiap orang yang melakukannya.

Kegeramaran orang dalam memancing ternyata beragam menurut jenis ikannya. Ada yang suka mincing ikan mas, nila, lele, bawal dan lain-lain. Dan ada juga yang suka dalam suasana tempatnya seperti di sungai, kolam, danau atau waduk.

Berbicara mengenai jenis ikan yang menjadi pancingan, disini saya akan membahas mengenai cara memancing sekaligus umpan ikan lele yang paling ampuh. Namun sebelumnya kita harus tahu dulu, bagaimana sifat dari ikan lele ini, makannya seperti apa dan juga tingkahlakunya.

Habitat  Ikan Lele

Ikan jenis ini termasuk kedalam kategori ikan yang mempunyai pernafasan tambahan. Artinya lele bisa bertahan dalam kondisi air yang tingkat oksigennya rendah juga jenis perairannya yang lumayan  ekstrim. Pada dasarnya habitat ikan ini terdapat di air tawar seperti sungai, danau atau kolam yang sengaja dibuat.

Terkadang saking ekstrimnya, kemampuan bertahan hidup ikan lele bisa menyesuaikan di dalam spiteng. Contohnya sangat banyak sekali terjadi di lingkungan kita. Orang yang sengaja memindahkan ikan lele satu atau dua kedalam sepiteng.

Maka dari itu, habitat ikan jenis ini bermacam-macam meskipun dalam kondisi perairan yang minim oksigen.

Makanan Ikan Lele

tingkah laku ikan lele

Sebelum kamu ingin membuat resep ikan ini, sebaiknya ketahui dulu kegemaran atau kesukaan dari ikan lele. Karena nantinya dapat kamu formulasikan kedalam umpan yang akan dibuat.

Perlu kalian tahu, sifat dari ikan ini cenderung karnifora yaitu pemakan daging. Namun kebanyakan kebiasaannya memakan segala jenis pakan. Terlebih lagi yang paling berbahaya adalah sifat kanibalisme dari ikan ini.

Sifat kanibalisme lele akan terjadi manakala dia sedang kelaparan yang sangat berat. Ikan ini akan memangsa temannya sendiri atau ikan lain yang berukuran kecil dari tubuhnya. Kadang juga ikan lele ini memangsa katak-katak sawah yang tidak sengaja masuk kedalam kolam. Oleh sebab itu, banyak para pemancing mncampurkan daging katak dalam umpan.

Tingkahlaku Ikan Lele

Ikan ini termasuk kedalam kategori hewan nocturnal, atau yang aktif pada malam hari. Biasanya ikan lele sering bertambah tingkat makannya pada malam hari. Oleh sebab itu kebanyakan para pemancing ikan lele biasa melakukannya pada malam hari. Dikarenakan ikan lele lebih aktif dan cenderung sangat lapar.

Selain itu tingkah laku lainnya dari ikan ini yaitu sering bersembunyi atau bisa dibilang pintar dalam bersembunyi. Baik itu didalam lubang dikolam, tangkai, peralon saluran air sampai masuk kedalam lumpur. Dalam keadaan yang terdesak biasanya ikan ini melakukan hal tersebut.

Dari uraian tadi akan menjadi sebuah tips memancing dan membuat resep umpan ikan lele yang bagus dan jitu. Untuk penjelasan lebih lengkapnya terkait umpan ikan ini, bisa kamu baca lagi kebawah.

UMPAN LELE HARIAN

umpan ikan lele harian

Didalam memancing ikan lele, biasanya orang meracik umpan dengan mencoba-coba menambahkan bahan-bahan tertentu kedalamnya. Dari sebagian kecil orang ada yang berhasil dan sebagian besar lainnya malah gagal dalam racikannya.

Berbicara mengenai umpan lele, dalam bagian ini saya akan buat beberapa jenis dari racikan yang umum dipakai dan bagus untuk dipraktikan. Silahkan simak dengan baik dan perhatikan bahan dan cara pembuatan umpan ikan lele harian ini.

Racikan 1 (Umpan Hewani)

  1. Belut (untuk membuatnya, bisa kamu goring atau pepes kemudian potong kecil-kecil)
  2. Udang Segar (hanya membuang bagian kepala serta ekor)
  3. Jangkrik (perutnya ditekan supaya berbau)
  4. Ulat daun pisang yang sudag kuning atau hijau.
  5. Laron
  6. Semua jenis cacing tanah
  7. Ikan Teri
  8. Daging bekicot
  9. Keong mas yang diambil dagingnya

Racikan 2

Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan ini :

  1. Telur yang diambil kuningnya
  2. Terasi
  3. Tepung ikan teri
  4. Tepung udang
  5. Air secukupnya
  6. Bawang putih
  7. Pelet PF 1000 + 781-2 SP
  8. Bisa tambahkan Essen Jawara Ikan biar makin mantap

Minat?? KLik Pada Gambar 🙂

Siapkan wadah dan tuangkan semua bahan tadi kedalamnya. Berikan air hangat sedikit demi sedikit kemudian aduk sampai rata dan mengental. Kemudian buat bulat-bulat seukuran yang pas dengan mata kail pencing kamu.

Racikan 3

Siapkan bahan-bahan yang  dibawah ini :

  1. Pelet PF 1000
  2. Telur yang diambil kuningnya
  3. Terasi
  4. Air secukupnya
  5. Madu asli

Cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan semua bahan kedalam semua wadah. Kemudian aduk smpai merata, uleni sampai mengental. Kemudian potong-potongan bentuk bulat sesuai dengan ukuran mata pancing.

Racikan  4

Siapkan bahan yang diperlukan, yaitu :

  1. Pelet udang
  2. Kuning telur
  3. Terasi
  4. Bawang putih
  5. Madu
  6. Ati ayam
  7. Air hangat secukpunya

Untuk membuatnya, rebus terlebih dahulu ati ayam sampai matang. Lalu hancurkan hingga lembut, campurlah semua bahan, kemudian aduk sampai rata dan terlihat mengental. Buatlah bentuk umpan lele tersebut seukuran mata pancing.

Racikan 5

Bahan yang diperlukan antara lain :

  1. Air hangat secukupnya
  2. Bawang putih
  3. Pakan pelet
  4. Kuning telur yang direbus
  5. Terasi

Untuk membuatnya ialah dengan mencampurkan semua bahan tadi kedalam satu wadah, kemudian aduk sampai merata dan mengental. Kemudian buatlah bentuk bulat kecil-kecil seukuran mata pancing yang akan digunakan. Umpan ikan lele siap untuk dipakai.

UMPAN IKAN LELE MALAM HARI

mancing lele malam hari

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, bahwa ikan lele ini aktif pada malam hari. Pada kondisi tersebut, ikan ini menjadi lebih rakus, rasa lapar yang tinggi serta pergerakannya lebih aktif. Maka dari itu perlu dibutuhkan  cara membuat umpan lele jitu di malam hari.

Barikut ini saya tulis beberapa racikan umpan tersebut yang diambil dari berbagai pengalaman :

Cacing Sutera

Cacing yang sering dijadikan makanan untuk ikan juvenile ini ternyata dapat dibuat sebagai bahan umpan ikan lele. Tidak perlu mencari cacing sutera susah-susah, sekarang sudah banyak yang menjualnya secara online. Siapakan cacing sutera, kemudian bungkus dengan kain. Lalu ikat dan tempatkan pada mata pancing.

Jangkrik

Hewan yang biasa kita temukan diperkebuanan ini bisa dijadikan sebagai umpan andalan lele di malam hari. Caranya cukup mudah, yaitu gunakan satu ekor saja, lalau tekan perutnya supaya tercium bau aroma yang dapat menyebar di perairan. Sehingga nantinya ikan lele dapat menyambarnya.

Laron

Biasanya laron muncul setelah hujan tiba. Hewan ini akan bermunculan mendekati cahaya. Sebagai umpan ikan lele master, laron bisa digunakan pada malam hari. Sebaiknya anda gunakan laron yang masih lengkap dengan sayapnya. Lalu ambil beberapa ekor dan temple pada mata pancing.

Kijing Atau Jenis Kerang Lainnya

Caranya cukup mudah, yaitu dengan merebus kijing tersebut, kemudian ambil dagingnnya. Potong-pootngan sesuai ukuran yang pas untuk mata pancing anda.

Kelomang

Gunakan bagian badannya saja untuk dijadikan umpan ikan lele pada malam hari.

Kepiting Laut Atau Kepitig Sawah

Caranya hamper mipir dengan kerang tadi, yaitu dengan merebusnya dna mengambil daging kepiting. Kemudian potong-potong sekuruan mata pancing.

Daging Sapi Giling

Banyak terdapat di supermarket, anda bisa membelinya sebagai bahan umpan ikan ini. Anda bisa menambahkan satu atau dua tetes essen yang beraoram tenggiri atau kepiting setiap 100 gr dari daign sapi.

Daging Ayam

Utamakan untuk memilih bagian daging ayam pada bagian sayap. Kukus bagian tersebut lalu bleder sampai lumat. Bisa menambahkan pelet 48 sebagai pengeras.

Cacing Tanah

Hewan yang biasa hidup dalam tanah yang subur ini, masih mantap untuk dijadikan umpan ikan lele di malam hari. Anda boleh menggunakan jenis cacing apapun baik cacing laut atau lur. Cara menggunakannya dengan menempatkan 2 sampai 3 ekor cacing sekaligus pada mata pancing. Maka ikan lele akan cepat menyambarnya.

Belut

Carilah belut yang berukuran jari. Kemudian kukus atau bakar. Lalu iris-iris atau ambil dagingnya dengan ukuran sekitar 2 cm.

UMPAN MANCING LELE SIANG HARI

umpan lele siang hari

Tidak hanya dilakukan pada malam hari, memancing ikan lele juga bisa pada siang hari. Spot yang anda pilih bebas, di sungai, kolam, bendungan, kolam dan lain-lain. Meskipun sifat lele yang kebanyakan aktif pada malam hari, tapi tidak  menutup kemungkinan untuk strike di siang hari. Yang terpenting adalah racikan umpan ikan lele ini mantap dan jitu.

Maka dari itu, disini saya share jenis umpan ikan lele yang bagus digunakan pada siang hari. Silahkan simak dengan baik-baik agar anda bisa langsung membuatnya.

Umpan Cacing Sutra

Hewan yang  tergolong kedalam jenis cacing lembut ini bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat umpan ikan lele yang jitu asalkan memperhatikan takaran yang pas dan cara membuatnya. Cacing sutra merupakan pakan alami yang dikhususkan untuk ikan yang baru berumur 1-3 minggu. Mungkin hubungannya dengan ini, kenpa cacing sutra bisa digunakan bahan racikan umpan tadi.

Untuk bisa membuat umpan lele yang pas di siang hari, terlebih dahulu siapkan :

  1. Telur bebek satu butir
  2. Pelet udang
  3. Bubuk garlic setengah sendok teh
  4. Cairan vainili 0,5 sendok teh
  5. Essen Aquatic 5 cc
  6. Cacing sutra

Untuk proses pembuatannya, anda tinggal mencampurkan cacing sutra satu genggam dengan semua bahan diatas. Dan untuk penggunaan essen bisa disesuaikan kebutuhannya 5 sampai 10 cc dalam adonan.

Anda juga bisa menambahkan variasi bahan seperti serangga-serangga yang disukai lele. Misalnya laron, jangkrik dan lain-lain. Meski biasanya para pemancing ikan lele ini tidak memakai campuran pada serangga, tapi sebaiknya untuk umpan ini dipakai. Supaya nantinya hasil yang didapat lebih optimal.

Umpan Daging Sapi

Metode selanjutnya untuk membuat umpan ikan lele di siang hari adalah menggunakan campuran daging sapi. Seperti apa cara meraciknya? Berikut ini ulasannnya.

  1. Siapkan bahan daging sapi (yang sudah digiling)
  2. Essen Aquatic

semua bahan tersebut dicampurkan sampai merata.  Umpan jenis ini sepertinya sederhana akan tetai pengaruhnya sangat tinggi untuk digunakan di siang hari. Aroma amis yang dihasilkan dari daging sapi tadi akan membuat ikan lele berdatangan.

Seperti itulah beberapa tips untuk membuat umpan ikan lele pada kondisi siang hari. Silahkan gunakan referensi ini, semoga hasil yang didapatkan akan maksimal.

UMPAN IKAN LELE DI KOLAM

mancing ikan lele di kolam

Source: semuaikan.com

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa habitat ikan lele ini bervariasi, ada yang liar seperti sungai sampai yang disengaja pembesaran di kolam. Kolam jenis ini diantaranya terbuat dari tanah maupun semen.

Tentunya bagi sebagian orang yang hobi memancing ikan lele tidak akan pernah melewatkan strike di kolam. Misalnya seperti lomba memancing saat Agustusan atau acara lain yang bertempat di kolam.

Mau tahu kan supaya anda bisa strike ikan lele yang banyak? Mau mengalahkan teman-teman anda atau pesaing anda dalam memancing? Berikut ini saya buat sebuah resep umpan ikan lele yang cocok untuk di kolam. Simak dengan baik-baik.

Umpan Keong

Bagi yang rumahnya dekat dengan persawahan, mungkin tidak sulit untuk mencari binatang ini. Sebagian petani menyebutnya sebagai hama. Bagi seorang pemancing ikan lele, binatang keong bisa dijadikan sebagai umpan ikan lele yang mujarab.

Umpan Jangkrik

umpan jangkrik lele

Hewan yang mempunyai suara khas ini, termasuk kedalam salah satu umpan untuk ikan lele.

Daya tahan yang kuat dari jangkrik mengakibatkan adanya gerakan secara terus menerus pada perairan. Hingga menggoda ikan lele untuk memangsanya.

Pada zaman sekarang sudah banyak jangkrik yang dijual bersama dengan pakan burung. Sehingga tidak sulit untuk mendapatkannya.

Cara pemakaian untuk umpan lele di siang hari, cukup di kaitkan dengan mat pancing dari bagian ekor jangkrik. Nantinya dia akan bergerak-gerak di perairan.

Umpan Usus Ayam

Salah satu umpan jitu untuk memancing ikan lele di kolam adalah dengan menggunakan usus ayam. Sifat dari baunya yang sangat amis merangsang ikan lele untuk menayambarnya.

Anda tinggal pergi kepasar, dan membeli usus ayam yang dijual. Biasanya dbandrol harga yang murah. Setelah itu dalam pemakaiannya cukup di potong-potong dan disesuaikan.

UMPAN IKAN LELE DI SUNGAI

habitat ikan lele

Bagian terakhir dari bahasan ini yaitu meracik umpan untuk ikan lele yang cocok untuk spot di sungai. Biasanya jenis ikan yang anda hadapi pada tempat ini terbilang liar.

Maka dari itu saya akan bagikan bagaimana membuat umpan ikan lele liar ini agar bisa anda buat dan aplikasikan. Silahkan simak dengan baik dan segera eksekusi.

Cacing Tanah

Binatang ini sudah menjadi resep yang umum dikalangan para pemancing ikan lele. Namun perlu kamu tahu, cacing ini masih bisa terbilang jitu jika dipakai di sungai.

Jenis cacing yang anda pilih, sebaiknya gunakan cacing tanah kalung. Tidak hanya dari daya tahannya yang kuat, ukuran panjang dan bobot dari binatang ini juga sangat cocok untuk dijadikan umpan.

Umpan Cicak

Binatang yang sering muncul dimalam hari ini ternyata mempunyai manfaat sebagai umpan untuk memancing. Bagi ikan lele, cicak menjadi salah satu santapan yang diinginkannya.

Cara untuk mengolahnya cukup mudah, yaitu dengan membakarnya sampai tercium aroma dari cicak itu tadi. Kemudian kaitkan pada kail.

Umpan Katak Sawah

umpan katak sawah hijau

Sama seperti memancing lele dikolam, katak sawah juga bisa dijadikan umpan untuk ikan ini di sungai. Biasanya orang dipedesaan sering berburu terlebih dahulu  ketika akan memancing.

Perlu diperhatikan, ukuran katak sawah yang dipakai jangan terlalu besar, usahakan seukuran jempol tangan orang dewasa. Agar nantinnya si lele gampang untuk melahapnya. Banyak para pemancing memakai jenis umpan ini mendapatkan ikan lele galatama.

PENUTUP

Pada dasarnya ikan lele ini cenderung bersifat rakus dan lebih ke arah karnivora (pemakan daging). Maka dari itu berbeda cara pembuatannya seperti meracik umpan ikan mas, nila dan lain-lain yang lebih menggunakan pelet atau produk toko.

Demikianlah uraian seluruh artikel yang membahas tentang umpan ikan lele ini bisa saya sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

 

Show Comments

No Responses Yet

  1. Anonymous October 25, 2018

Leave a Reply

%d bloggers like this: