1367

√ 15+ Resep Umpan Ikan Nila [LENGKAP]

Salam Pinter. Buat anda yang menggemari memancing sebaiknya simak artikel saya yang satu ini. Disini akan saya berikan beberapa resep umpan ikan nila secara lengkap.

Umpan Ikan Nila Kolam

ikan nila di kolam

Source: mancingmania.com

Bagi anda yang suka mincing ikan nilanya di spot kolam, berikut ini akan saya bagikan sebiah resep yang sederhana. Racikan umpan ini terbilang sangat mudah untuk dibuat.

Terdapat dua jenis resep umpan dalam bagian ini.

  • Resep pertama

Bahan yang hanya diperlukan adalah pelet ikan tipe P1000 dan air panas secukupnya.

Cara pembuatannnya cukup anda satukan kedua bahan tadi kedalam baskom atau mangkuk. Kemudian anda aduk sampai rata dan kalis.

Selanjutnya bulat-bulatkan sesuai ukuran bukaan mulut ikan nila.

  • Resep kedua
  1. Siapkan bahan yang diperlukan :
  2. Kuning telur bebek/ayam
  3. Madu secukupnya
  4. Pelet P1000

Campurkan semua bahan tadi kedalam baskom kecil atau mangkuk. Lalu aduklah sampai rata dan kalis. Seperti biasa, anda bulatkan adonan tersebut kecil-kecil supaya mudah ketika anda mulai memancing nantinya.

Untuk tambahan opsional saja, jika area kolam sangat luas, sebaiknya anda lakukan teknik ini. Yaitu dengan menebar pelet udang di area yang anda pancing. Bisa juga anda tebar dengan pelet yang menjadi bahan dasar umpan tadi yaitu P1000.

Perlu anda ketahui tingkah laku ikan nila adalah bergerombol. Maka dari itu memerlukan tenik ini, karena dengan mengundang ikan akan membuat peluang strike makin banyak.

Umpan Ikan Nila Di Waduk

mancing ikan di waduk

Source: gomancing.com

Pada bagian ini, saya tulis mengenai umpan nila yang cocok untuk di Waduk.

Sebelumnya, perlu dikehui bahwa ikan nila cenderung mencari tempat yang tedih ketika disiang hari, sebaliknya ketika malam hari ikan ini malah bergerombol ke tengah.

Ini disebabkan karena pada malam hari predator muncul di pinggiran Waduk.

Jika dilihat dari waktu yang aktif ikan nila ini makan diantaranya pukul 05.00 sampai dengan 09.00 dan pada pukul 18.00 sampai dengan 22.00 malam hari. Diluar jam tersebut sifat agresif pada umpan akan berkurang.

Sebenarnya umpan yang paling cocok adalah lumut daun dan empirit. Namun sebelumnya anda harus melakukan Bom Dasar terlebih dahulu.

Caranya, dengan membuat campuran tanah lempung bersamaan dengan lumt membentuk bola sebesar bola tenis. Kemudian lemparkan ke area yang akan kita pancing nantinya.

Umpan Ikan Nila Di Sungai

Baiasanya ikan nila yang berada di area sungai lebih menyukai tempat yang tidak terlalu banyak tumbuhan air.

Ikan ini suka dengan aliran yang tidak terlalu deras. Maka dari itu bagi anda sebagai pemancing yang biasanya mengincar spot sungai, hall ini perlu diperhatikan.

Karena jika memancing di sungai itu tidak sembarangan, banyak sekali yang harus diperhatikan agar hasil yang didapatkan maksimal dan sesuai.

Ada berbagai umpan yang jitu untuk memancing ikan nila di sungai ini.

Umpan lumut

umpan lumut ikan nila

Source: wartapancing.blogspot.com

Seperti pada umumnya umpan ini seolah pasaran dikalangan pemancing ikan nila. Umpan lumut juga terbukti ampuh untuk menaklukkan ikan nila di spot sungai.

Lummut yang baik adalah jenis lumut sawah. Ciri dari lumut yang bagus adalah memiliki tekstur berwarna hijau, agak kasar dan tentunya segar.

Umpan lumut bisa dicampur dengan tambahan pamungkas yaitu Essen oplosan juara.

Umpan usus ayam

Selain lumut, ternyata ikan nila juga menggemari usus ayam. Umpan ini bisa digunakan dalam memancing ikan nila di sungai. Sebelum dijadikan umpan, terlebih dahulu usus ayam dicuci lalau direbus.

Biarkan dalam waktu dua hari usus terdapat dalam wadah tertutup. Proses tersebut agar usus membusuk. Baru setelah itu umpan bisa digunakan.

Umpan cacing tanah

Umpan yang satu ini juga sudah termasuk umum dan masih lumayan jitu. Dalam memancing ikan nila di sungai anda juga bisa menggukanan umpan konvensioal yang satu ini.

Umpan Ikan Nila Di Danau

mancing ikan di danau

Source: ricopers8.wordpress.com

Bagi anda yang menyukai hobi memancing, khususnya yang suka ngambil spot di danau dengan target ikan nila, bagian ini akan saya bagikan resep umpan yang pas untuk ikan nila.

Aktifitas yang biasanya sering dilakukan di akhir pekan, memberikan sebuah kepuasan tersendiri bagi yang gila memancing ikan nila ini.

Selain teknik dan alat pancing yang bagus, umpan menjadi ujung tombak dalam hal memancing.

Berbeda dengan umpan yang biasanya digunakan di kolam-kolam pemancingan, umpan yang satu ini sangat cocok untuk ikan nila di danau.

Cacing

Tidak semua orang suka dengan binatang yang satu ini. Padahal, cacing dapat dijadikan sebagai umpan memancing untuk ikan nila. Terlebih lagi umapan jenis ini sangat cocok di area seperti danau.

Ada berbagai jenis cacing yang ada di dunia ini, akan tetapi dua jenis cacing ini yang sering dijadikan umapan dan cocok untuk memancing ikan nila. Yang pertama cacing merah.

Namun jika anda kesulitan menemukan cacing jenis ini, bisa juga digantikan dengan cacing yang terdapt pada batang pisang yang sudah busuk.

Kroto

Telur semut ini salah satu umpan yang masih menjadi andalan untuk memancing ikan nila di danau.

Dengan menggunakan kroto yang masih segar akan memunculkan bau khas yang kecut, sehingga ikan nila ini sangat menyukainya.

Lumut

Tekstur yang lembut dan sedikit warna hijau pada lumut akan disukai oleh ikan. Tidak hanya ikan nila saja yang menyukai lumut, akan tetapi jenis ikan lainpun menyukainya.

Jenis lumut yang digunakan dalam memancing ikan nila adalah lumut danau atau sawah. Karena lumut ini sudah memiliki tekstur seperti yang sudah disebutkan tadi.

Racikan

Anda cukup memerlukan bahan seperti :

  • Madu, ukuran (2 sendok teh)
  • Kuning telur (1)
  • ½ Gelas pelet ikan
  • Essen Oplosan Juara Drogba (3- 5 tetes)

MInat?? KLik Pada Gambar 🙂

Umpan Ikan Nila Badot

nila badot

Source: youtube

Teknik khusus yang harus dikuasai untuk menangkap ikan ini. Ukuran yang biasanya dapat mencapai 5 kilogram tentunya memiliki perbedaan yang signifikan dari ikan nila pada umumnya.

Nila badot biasanya menempati daerah yang memiliki kondisi perairan yang jarang surut dalam satu tahun. Hal ini berlaku untuk lokasi seperti sungai, waduk dan danau.

Tapi jika anda malas untuk pergi ke spot alami, biasanya kolam pemancingan biasa juga kadang memiliki ikan badotnya.

Gunakanlah umpan yang memiliki ukuran yang agak besar, karena ikan ini termasuk dalam ukuran jumbo. Umpan yang cocok untuk memnacing ikan ini sebaiknya umpan yang diambil disekitar habitatnya.

Seperti rumput-rumputan, lumut, ulat bambu, ulat pisang, laron dan tawon. Tentunya semua jenis umpan ini sangat berbeda dengan umpan ikan pada umumnya.

Teknik yang digunakan memiliki perbedaan sesuai jenis umpan yang dipasang. Jika anda menggunakan lumut atau rerumputan anda harus memiliki teknik yang spesiik.

Sedangkan untuk umpan hidup seperti tawon dan laron tidak harus memiliki teknik yang khusus.

Umpan Ikan Nila Babon

nila babon

Source: umpanpancingku.blogspot.co.id

Sebelum masuk kedalam bahasan resep umpan untuk ikan babon. Sebaiknya anda ketahui dulu ciri-ciri ikan nila babon itu seperti apa.

Ikan ini memiliki warna agak merah pada bagian tubuhnya. Sifatnya yang lebih liar disbanding ikan nila biasanya. Tempat yang sering ditemukan adalah Waduk.

Menggunakan rumput

Rumput adalah salah satu makanan yang menjadi kesukaan nila babon ini. Sebenarnya banyak orang yang tidak banyak mengetahuinya.

Rumput yang biasa ditemukan di pinggiran sungai ini yaitu kolonjo dan pelembem. Kedua jenis rumput inilah yang bisa dijadikan sebagai umpan ikan babon.

Kenapa rumput bisa dijadikan umpan? Sebagian orang akan menanyakan hal seperti itu. Perlu diketahui, ikan yang mempunyai ukuran yang besar seperti babon lebih menyukai pakan rumput ini.

Menggunakan cutton bud

Anda bisa mencobanya dengan memotong cutton bud dan buat rangkaian yang disusun sebanyak 24 rangkaian. Potongan yang dirangkai dimasukan kedalam kail hingga terbentuk seperti umpan.

Anda juga bisa menggunakan sterofoam bekas alat elektronik seperti tv.

Berdasarkan jenisnya

Pada bagian ini dijelaskan beberapa jenis umpan yang biasana umum digunakan untuk memancing ikan nila.

Cacing

umpan cacing

Umpan alami ini masih menjadi salah satu umpan andalan untuk memancing ikan nila. Beberapa hal yang perlu diperhatikan jika anda menggunakan umpan ini adalah teknik  menempelkannya.

Kebanyakan para pemancing keliru memasang cacing, sehingga membuat umpan mudah putus dan pucat.

Teknik dalam memasang cacing adalah dengan mengaitkan bagian perut tengah dari cacing. Sehingga umpan bergerak-gerak dalam tempo yang lama. Hal ini akan membuat ikan nila terpancing dengan mudah.

Lumut

Pilihlah lumut yang mempunyai warna hijau dan ukuran yang panjang. Selan itu pilihlah lumut yang masih hidup atau segar.

Jika anda memakai lumut sebagai umpan ikan nila, ada beberapa tips yang saya akan berikan. Pertama anda masukan lumut kedalam wadah seperti baskom kecil. Lalu tambahkan air kolam sampai lumut mudah untuk diambil dengan 2 jari.

Proses pemasangan ada dua jenis. Yang pertama, bisa lamngsung anda masukan kail kedalam wadah lumut lalu anda putar-putar sampai lumut menempel pada kail. Cara yang kedua yaitu dengan mengambil sedikit demi sedikit lumut dari wadah lalu anda tempelkan pada kail.

Pelet ikan

Umpan ini sangatlah sederhana, yang perlu anda lakukan yaitu dengan menggunakan pelet pakan ikan. Biasanya saya memekai jenis PF1000, selain memiliki aroma yang menyengat, juga memiliki warna yang tidak mencolok.

Baca Juga: 50+ Resep Umpan Ikan Mas Jitu

Umpan Nila Di Malam Hari

Jika anda ingin mencobanya mincing ikan nila pada malam hari, maka sebaiknya ada beberapa alat yang harus dipersiapkan seperti senter, baju hangat juga makanan.

Tidak terlepas juga dari jenis umpan yang cocok untuk memancing pada malam hari.  Beberapa umpan seperti, ulat beras, pelet atau udang menjadi umpan yang favorit untuk ikan nila di malam hari.

Pada intinya, umpan yang dipakai dimalam hari lebih condong kepada umpan hewani. Artinya jenis hewan seperti ulat, udang atau tawon cocok jika digunakan pada malam hari.

Umpan Nila Di Musim Hujan

Bagi para pemancing yang sudah merasakan sensasinya dan tidak ingin melewatkan hobinya meskipun dalam kondisi yang hujan. Khususnya bagi kamu pemburu ikan nila, disini akan saya bagikan beberapa umpan yang cocok dalam kondisi hujan.

Pada musim penghujan tiba, ikan nila lebih suka terhadap umpan hewani. Karena umpan jenis ini memiliki kandungan protein yang digemari ikan nila.

Umpan alami yang bisa anda jadikan solusi ketika musim hujan adalah :

  • Udang rawa
  • Ulat kayu
  • Cacing tanah
  • Laron
  • Larva lebah

Umpan Nila Di Air Payau

Perairan yang payau memiliki kadar garam. Beragam jenis ikan hidup di daerah ini. Termasuk ikan nila juga ada di lingkungan air payau, karena sifatnya yang tahan terhadap kondisi perairan.

Bagi anda yang ingin mencoba memancing ikan nila dalam perairan payau, sebaiknya gunakan umpan alami seperti cacing atau ulat, karena biasanya ikan-ikan jenis payau menyukai pada umpan yang bergerak-gerak.

Memang sangat jarang dilakukan memancing ikan nila di perairan yang payau. Tapi tidak ada salahnya untuk anda coba jika memang lingkungan perairan anda payau.

Umpan Nila Di Air Deras

Sebelum anda melakukan kegiatan mincing di kolam air yang deras sebaiknya lakukan terlebih dahulu hal tersebut.

  • Umpan yang berbeda-beda

Pada umumnya cacing dan lumut adalah umpan yang sering digunakan oleh pemancing ikan nila. Namun perlu diingat jika memancing di daerah yang perairannya deras seperti sungai, anda sebaiknya menggunakan umpan yang beragam.

Dua kondisi akan membedakan penggunaan jenis umpan. Jika kondisi air bening maka sebaiknya menggunakan lumut, begitupun jika kondisi air keruh sebaiknya anda gunakan cacing.

  • Cuaca

Cuaca yang cocok untuk anda memancing di air deras seperti sungai adalah pukul 08.00. Pada jam ini, ikan nilai mulai merasakan lapar, sehingga cocok sekali untuk memancing. Selain itu pada jam ini pula kondisi masih nyaman dan tenang.

Umpan Nila Di Waduk Jatiluhur (Bonus)

ikan nila jatiluhur

Source: youtube

Waduk Jatiluhur tidak terlepas dari ramainya para pemancing. Khususnya yang memburu ikan nila seperti badot.

Kondisi yang memberikan kenyamanan pada para pemancing yang menyewa lapak. Dengan menggunakan rakit yang dirancang dengan beberapa sekat menjadi ciri khas dari pemancingan di Jatiluhur.

Ini terkait juga dengan pengalaman saya, jika anda memancing di wilayah ini, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu lapak yang sedang ramai dengan ikan nila. Karena jika anda tidak bertanya dan milih sesuka hati anda, biasanya hasilnya tidak akan maksimal.

Umpan yang biasa digunakan di Jatiluhur adalah lumut dan cacing sawah. Jangan khawatir dengan stok umpan, banyak yang berjualan disepanjang jalan menuju Jatiluhur.

Video Meracik Umpan Nila

Demikian artikel ini saya tulis, semoga setelah ini anda yang gemar dalam memancing khususnya dapat memilih dan mempertimbangkan kembali umpan ikan nila yang akan digunakan sesuai situasinya. Terimakasih.

 

 

Sending
User Review
0 (0 votes)

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

%d bloggers like this: