2
19

Wisata Situs Gunung Padang, Bangga Jadi Orang Cianjur.

Siapa yang tak tahu Gunung Padang di zaman sekarang.

Kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang wisata Gunung Padang. Sebelumnya kamu sudah tahu mengenai candi-candi yang terkenal di Indonesia? Jika sudah, tempat ini ada hubungannya dengan candi tersebut.

Selamat menyimaknya.

Lokasi wisata tempat 

Lokasi Gunung Padang

Tempat yang sudah diresmikan menjadi wisata sejarah ini terletak di kota kelahiran saya Cianjur. Dulunya, lokasi ini belum terawat dan masih berbentuk bukit biasa-biasa.

Namun seiringnya banyak penemuan peninggalan bersejarah dan semakin banyaknya orang-orang yang berkunjung maka Gunung Padang diresmikan menjadi tempat wisata.

Tepatnya lokasi yang sudah termasuk daerah Cianjur Selatan ini, berada di sebuah perkampungan yang belum ramai oleh rumah warga.

Akses menuju ke lokasi

cara menuju Gunung Padang

Sepengalaman saya, untuk menuju lokasi wisata tersebut cukup mudah dan simple, terutama menggunakan sepeda motor.

Saya dan teman saya biasanya menggunakan motor untuk berkunjung ke tempat ini. Jika dari pusat kota, arah tujuan menggunakan jalur Cianjur-Sukabumi, selanjutnya melewati Warungkondang.

Nah sesampainya di Warungkondang, plang yang menuju ke Gunung Padang ada di sebelah kiri jalan raya. Tinggal masuk belok kiri dan mengikuti arah petunjuk selanjutnya.

Waktu tempuh menuju dari pusat kota menuju Gunung Padang

waktu Tempuh ke gunung padang

Jika orangnya ga sabaran, pasti dia tidak akan ikut. Kenapa? Karena waktu tempuh menuju Gunung Padang lumayan lama.

Walaupun masih masuk daerah Cianjur, jarak yang ditempuh bisa sampai satu jam dari pusat kota.

Kalau dulu sih akses menuju tempat ini belum begitu bagus. Malahan dapat menempuh waktu yang mungkin lebih dari satu jam. Akan tetapi, setelah Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono pernah berkunjung, akses tersebut diperbaiki.

Jadi, ga terlalu banyak lubang dan polisi tidur dadakan lagi yang menghambat perjalanan. Insyaalloh sekarang lancar.

Jangan sendirian pergi ke Situs Kuno ini!

jangan sendirian ke gunung padang

Kayanya serem banget gitu saya kasih judul seperti itu. Hehe. Namanya juga tempat wisata, masa pergi sendirian gak akan seru.

Saya sudah beberapa kali menuju tempat wisata gunung padang ini bersama teman dan keluarga. Lebih serulah karena bisa makan bareng nantinya, sesi foto-foto bersama dan lain lain.

Beberapa hal yang boleh dicoba, saat berkunjung

Selain dapat merasakan keindahan tempatnya, saya dapat melakukan beberapa hal berikut ini :

Batu musik

Oiya, saya mau kasih tau juga bahwa di gunung padang ada batu yang menimbulkan suara unik. Batu ini jika di pukul akan mengeluarkan sebuah kunci nada dasar yaitu “Do-Re-Mi-Pa-So-La-Si”.

Konon batu ini kata penjaganya adalah alat musik yang dimainkan orang-orang zaman dulu yang menempati Gunung Padang.

Batu Keberuntungan

Satu lagi yang perlu dicoba jika kamu nanti berkunjung kesini. Namanya batu keberuntungan, katanya batu ini jika bisa mengangkatnya dalam waktu yang lama akan beruntung.

Namanya juga mitos sih. Percaya gak percaya tapi emang unik.

Bentuk dari Gunung Padang

bentuk gunung padang

Perlu kamu ketahui, bentuk dari Situs Gunung Padang ini menyerupai sebuah candi.

Makanya seblumnya saya bilang aka nada hubungan dengan candi-candi terkenal seperti Borobudur dan Prambanan. Bahkan yang saya ketahui, tempat ini menjadi salah satu candi tertua dan mengalahkan umur bangunan piramida mesir.

Selain itu ada sebuah ciri khas dari tampat ini. Bentuknya mempunyai latar. Mulai dari latar dasar yang pertama hingga latar tertinggi kelima.

Kondisi tempat terakhir saya berkunjung

Fasilitas yang sudah lumayan lengkap dimiliki tempat ini. Jika di banding dengan zaman dahulu tempat seperti mushola dan kamar mandi pun belum tersedia.

Akan tetapi seiring makin banyaknya wisatawan yang berkunjung, Gunung Padang mulai dibenahi.

Sejarah lain dari Gunung Padang

gunung padang

Informasi lain yang saya tahu terkait tempat wisata ini, berasal dari seorang kuncennya.

Pada awal mulanya Gunung Padang bukanlah nama aslinya. “Sanghiyang Padang” itu lebih tepatnya. Konon katanya nama tersebut identik dengan kepercayaan ketika waktu itu.

Zaman dahulu kala di lokasi ini, orang-orang lebih mempercayai kekuatan alam. Bertapa dan berdoa beberapa minggu hingga beberapa bulan di Gunung Padang ini.

Selain itu, informasi yang  saya dapat dan perlu kamu tahu bahwa gunung padang identik dengan lima.

Apa maksudnya lima disini?

Gunung padang identik dengan angka lima.

“Fakta pertama bahwa Gunung Padang diapit oleh lima gunung;

Bebabatuan peninggalan di tempat tersebut mempunya sudat lima;

Latar yang dimiliki oleh tempat ini mempunyai lima latar.”

Bebatuan yang unik di Gunung Padang

benda peninggalan gunung padang

wikipedia

Jika kamu nanti sempat berkunjung ke Gunung Padang, coba liat sekitar pasti banyak bebatuan yang bentuknya sangat unik.

Itu adalah salah satu peninggalan orang-orang zaman dahulu di tempat ini. Bebatuan yang bentuknya memanjang seperti balok mempunyai kontruksi sudut lima bagian. Meski ada beberapa batu tersebut yang rusak karena pengunjung yang kurang ramah itu disangant disayangkan.

Sempat entah pada tahun berapa, ada beberapa peneliti dari luar negeri datang ke Situs Gunung Padang. Mereka melakukan riset pada batu tersebut.

Tidak disangka-sangka, batu tersebut mempunyai unsur keunikan lain dari batu biasanya. Kadar besi yang dimilikinya sangat tinggi berbeda dengan batu biasanya. Maka dari itu, batu-batunya mempunyai ukuran berat yang besar.

Selanjutnya adalah peninggalan yang sudah saya sebutkan tadi, batu nada dan batu keberuntungan.

Wisatawan yang berkunjung

wisatawan gunung padang

Pengunjung yang berdatangan semakin kesini semakin banyak. Selain saya sebagai wisatawan lokal yang berkunjung ke tempat ini, ada banyak juga orang lain dari berbagai daerah.

Biasanya orang dari daerah selain Cianjur berasal dari Jabodetabek. Terakhir saya berkunjung, banyak mahasiswa dan mahasiswi yang dating ke Situs Gunung Padang.

Bahkan saya juga pernah bertemu dengan pengunjung yang berasal dari luar negeri. Dalam pemikiran saya, “kok mereka tahu dan sempat-sempatnya bisa dating kesini?”. Mungkin karena situs ini sangat fenomenal dengan peninggalannya dan umur dari Gunung Padang yang mengalahkan Piramid Mesir.

Biasanya selain berkunjung melihat-lihat peninggalan, mereka bisa mengabadikan momennya dengan berfoto dan makan bersama.

Tapi perlu kamu tahu juga dan saya himbau bagi yang makan bersama, buang sampahnya jangan sembarangan ya! Hehe.

Selain itu ada hal yang penting bagi kamu yang mau berkunjung nantinya, jangan pernah merusah bebatuan peninggalan tempat tersebut. Karena peraturan tentang hal tersebut sudah berlaku di lokasi wisata ini.

 Selalu semangat dan teruslah berjalan, ketika sedang  mendaki menggunakan tangga di Gunung Padang

tangga gunung padang

Bukan saya yang mau omong kosong, tapi ini benar-benar membuat kaki pengunjung tak berdaya.

Puncak Gunung Padang memiliki sebuah tangga yang mempunyai kemiringan cukup tajam dan tinggi. Entah kenapa setiap kali saya menggunakan tangga ini, kaki terasa selalu bermetar.

Tidak hanya saya, ternyata  pengunjung lain merasakan hal seperti itu. Dan juga apa yang dirasakan teman-teman saya.

Jadi berhati-hati ya, jika kamu berkunjung ke tempat ini. Siapkan fisik dan badan yang fit. Hehe.

Itulah cerita pengalaman saya mengenai Situs Gunung Padang. Semoga buat kamu yang masih penasaran bisa langsung datang ke lokasi wisata tersebut.

Semoga bermanfaat. Terimakasih.

 

 

 

 

 

 

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply